Langsung ke konten utama

BERPAKAIAN YANG SOPAN SEJAK DINI



Kejahatan seksual yang menggemparkan dunia baik yang kita saksikan dalam berbagai media cetak atau pun layar kaca kiranya dapat menjadi peringatan bagi kita selaku masyarakat Indonesia yang hidup di negara yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Bentuk kejahatan yang sering merugikan kaum wanita ini tidak hanya dipicu oleh pengaruh teknologi  yang begitu mudahnya diakses secara negatif oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja diinginkan. Namun juga masih banyak sisi yang perlu mendapat perhatian. Upaya menjaga diri yang dilakukan kaum hawa sendiri dengan menutup aurat atau berpakaian yang baik dan sopan untuk menjauhkan pandangan birahi juga kadang terabaikan, sehingga menjadi penyebab kehormatannya ternodai.

Kenyataan pahit berupa trend pakaian you can see adalah tantangan bagi kita yang hidup di zaman moderen seperti sekarang ini. Sebagai kaum adam jika kita berada di antara keramaian, seperti mall, pasar dan tempat umum lainnya tak jarang mata kita dibuat terbelalak oleh penampilan kaum hawa yang modis, menarik bahkan tak jarang dari mereka yang menonjolkan kecantikan dan bentuk tubuhnya yang seksi. Yang lebih memperihatinkan adalah keadaan demikian juga tak jarang kita temui di berbagai lembaga pendidikan, baik sekolah, kampus dan yang lainnya.

Ketika pemilik mata yang memandang ini lemah iman atau tak terkontrol nafsunya maka hal ini akan menimbulkan sikap dan perilaku negatif. Mulai dari suwit-suwit, sapa-sapa nakal, bahkan tindakan –tindakan yang menjerumus pada perilaku menyimpang dalam pelecehan seksual.

Sebagai langkah awal untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, penting sekali penanaman akidah yang kuat sejak dini. Keyakinan yang kuat dalam agama yang dianut, akan mendorong manusia berperilaku baik, menjaga diri, dan berpakaian yang sopan. Sebagai contoh, dalam Islam telah diajarkan bagaimana berpakaian yang baik, menutup aurat yang akan menjaga pemakaianya dan memulyakannya sebagai manusia yang beradab dan terhormat.



Kebiasaan berpakaian yang sopan dan terhormat ini kiranya perlu dibiasakan sejak dini, mulai anak-anak. Ketika seseorang terbiasa berjilbab, maka ia akan merasa risih keluar tanpa jilbab. Begitupun sebaliknya, ketika terbiasa terbuka, berpakaian you can see maka akan terasa ribet, gerah untuk berpakaian panjang, sopan lebih-lebih berjilbab.

Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga masyarakat. Semuanya mempunyai peran dan cara masing-masing sesuai dengan posisi dan keadaanya. Baik yang berada dalam lembaga pendidikan, tokoh masyarakat sampai anggota keluarga untuk menjaga dan memperhatikan cara berpakaian yang baik dan membawa manusia pada keselamatan dan terangkatnya derajat sebagai manusia terhormat dan mulia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unek Unik

Diantara ribuan nadham yang terhimpun dalam Alfiyah ibnu Malik ada sebuah nadlom yang ingin Teidjo tulis di sini. yaitu: واجرر أوانصب تابع الذي انخفض # كمبتغي جاه ومال من نهض Satu bait diatas adalah salah satu bait yang terdapat dalam bab اعمال اسم الفاعل yang membahas bahwasannya isim fail itu bisa beramal seperti fi'ilnya. artinya jika fiil itu lazim maka bisa merafa'kan ma'mul marfu'nya (fail). dan ketika isim fail itu terjadi dari fiil muta'addi maka disamping merafakkan fail juga menashabkan maf'ul (ma'mul manshub). akan tetapi ma'mul manshub tersebut bisa juga dibaca jer menjadi mudhaf ilaihnya isim maf'ul tersebut. Nah, bait di atas menjelaskan bahwa ketika ada isim yang mengikuti ma'mul majrur (maf'ul yang menjadi mudhaf ilaih)nya isim fail, maka isim tersebut bisa wajah dua, yakni bisa nashab (mura'atan lil mahal) dan bisa jer (mura'atal lafdhi). sebagai mana contoh: مبتغي جاه ومال من نهض kurang lebih arti

Cintai Aku Karena Alloh

CakA ===== Sebut saja namaku Teidjo, Malam ni ku ingin bercerita tentang perasaanku kepada pembaca yang budiman tentang perasaan ini. Sob, malam ini yang kurassakan adalah sedih, kesepian dan benci pada dir sendiri. Kenapa demikian ? Hal ini terjadi akibat  ulahku sendiri yang tanpa berfikir panjang senantiasa menuruti hawa nafsu yang terbungkus rapi dalam balutan yang disebut cinta. Awalnya, dia yang hingga saat ini masih ku sayangi dan kurindukan sebagai kekasih, ku harapkan sebagai calon isteri, dan satu-satunya/gadis yang pertama  menjadi pacarku, mutusin aku. Ku maklumi keputusannya. Karena sebagai manusia biasa pun aku menyadari bahwa kata-kataku yang kuutarakan padanya akhir-akhir ini membuatnya merasa bersalah. Sebagai wanita baik-baik, yang gigih menjaga harga diri dan menjaga kehormatannya sebagai muslimah, ku rayu, ku bujuk dengan pernyataan-pernyataan cinta yang logis dengan sedikit menggombal hingga akhirnya dia luluh dan menerima cintaku dengan pernyatanny

MEMULYAKAN HARI KELAHIRAN NABI*

Bulan Robiul Awwal adalah bulan yang istimewa bagi ummat Islam. Karena di bulan itu seorang Rasul pembawa Risalah Islamiyyah yang menghantarkan ummat dari gelapnya jahiliyyah menuju peradaban Islam yang terang, Nabi Agung Muhammad SAW dilahirkan di dunia ini pada hari Senin tanggal 12 yang terkenal dengan tahun gajah. Banyak yang berselisih pendapat tentang pengagungannya dengan berbagai peringatan yang penulis sendiri ikuti bersemangat dalam hal ini. Pasalnya, di dalam al-Qur’an memang tidak secara jelas disebutkan perintah ataupun larangan untuk memperingati kelahiran beliau yang mulia ini. Namun secara tidak langsung al-Qur’an memerintahkan kita untuk melakukan hal itu , sebagaimana tertuang dalam Q.S. Yunus: 58: قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ Katakanlah: "Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang merek