Langsung ke konten utama

Pertama yang ke Dua

Assalaamu'alaikum......

hallow Mas dan Mbak brooo.....
          Dulu Sikhun udah pernah buat blog Brooo, tp g kerumat. sekarang keinginan untuk membuat dan membuatnya muncul kembali dengan harapan bisa menulis sesuatu yang bermanfaat. sehingga pembaca pun tidak sia-sia saat mampir dan meluangkan waktu untuk mengeja huruf demi huruf yang Sikhun persembahkan. karena belum adanya ide yang mucul untuk ditampilkan dalam blog ini, Sikhun awali dengan beberapa bait puisi yang sempat dishare di FB. kenapa, karena puisi ini menggambarkan keadaan sikhun saat itu yang hatinya sudah dicuri oleh sosok yang sederhana namun oleh sikhun menjadi sitimewa karena adanya alat pandang yang berbeda, yaitu yang biasa orang terjemahkan dengan cinta.

tiada ruang hampa

saat kosong yang kuhadirkan
dia datang bersamamu

saat lepas yang q pilih
maka senyummu yang menyatu

saat laut meluas hingga tak bertepi di ujung pandang
maka kau tepikan dengan pantai penantianmu

semua lebih berarti
dan semua lebih berwarna
saat cahyamu mengiring derap langkahku

aku terjatuh
dan aku bangkit

seberapa pantas ku untuk
selalu kau tunggu


         Lalu  muncul pertanyaan dari sikhun sendiri, terus manfaat apa yang dapat diambil oleh saudara pembaca sekalian ?. kemudian Sikhun hadirkan kemungkinan yang bisa diambil dari puisi tersebut:

Bahwa;
  1. Ketika cinta melanda anak adam maka hatinya akan dipenuhi apa yang ia cintai, baik wanita, harta benda atapun hal yang abstrak sekalipun. Diantara tandanya adalah ia akan banyak menyebut apa yang ia cintainya itu sebagai ekpresi luapan isi hati.
  2. Cinta merupakan anuggrah yang diberikan Tuhan. Cinta dapat dipelajari, diamati dan diarahkan. sehingga, sikhun harus membenarkan petikan lirik lagu bang haji Roma Irama yang ber bunyi, "jika datang rasa cinta, hati-hati dan waspada, jaga, pelihara serta kuasailah " (mohon maaf kalou ada salah dalam mengutip). bahwa kedatangan cinta harus diwaspadai karena sangat berpotensi diiringi nafsu. maka untuk mengarahkan, menjaga, dan memelihara dengan baik dan benar akan hadirnya cinta, perlu adanya ilmu sehingga dapat menguasainya dan bukan sebaliknya,dikuasai cinta.
  3. Ketika cinta sudah menimbukan efek yang posisitf, maka terasa oleh pecinta itu bahwa hidupnya lbh berarti dan berwarana (berwarna ? cat kali ye.....:) ).
  4. Cinta butuh perjuangan dan pengorbanan. Sebagai contoh, orang yang ingin menikahi orang yang ia cintai, maka ia harus berjuang mendapatkan hati calon mertua beserta keluarganya, menyiapkan harta untuk mahar dan segala macam ragat yang harus dipenuhi. maka ketika datang cobaan dan rintangan hinga ia jatuh dan belum berhasil, maka cinta akan mengajak bangkit dan memberi semangat untuk menggapai apa yang ia cintai.
  5. Kemudian bait terakhir di atas,adalah suatu ungkapan ketidakpantasan penulis ketika begitu diharapkan orang yang disayangi. begitu ia merasa jauh dari kesempurnaan, sehingga muncul rasa, bahwa ia bukanlah orang yang pantas untuk dinanti. meski  sebenarnya juga ada keingininan dan menanti orang yang sama.

        Ya begitulah yang mungkin dapat sidang pembaca ikuti untuk pertama yang ke dua ini. jika ditemukan manfaat, sungguh itu dari Allah yang harus sikhun syukuri. jika ditemukan banyak koreksi, itulah kekurangan penulis yang perlu di pelajari. semoga kedepannya lebih baik dan bermanfaat, aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unek Unik

Diantara ribuan nadham yang terhimpun dalam Alfiyah ibnu Malik ada sebuah nadlom yang ingin Teidjo tulis di sini. yaitu: واجرر أوانصب تابع الذي انخفض # كمبتغي جاه ومال من نهض Satu bait diatas adalah salah satu bait yang terdapat dalam bab اعمال اسم الفاعل yang membahas bahwasannya isim fail itu bisa beramal seperti fi'ilnya. artinya jika fiil itu lazim maka bisa merafa'kan ma'mul marfu'nya (fail). dan ketika isim fail itu terjadi dari fiil muta'addi maka disamping merafakkan fail juga menashabkan maf'ul (ma'mul manshub). akan tetapi ma'mul manshub tersebut bisa juga dibaca jer menjadi mudhaf ilaihnya isim maf'ul tersebut. Nah, bait di atas menjelaskan bahwa ketika ada isim yang mengikuti ma'mul majrur (maf'ul yang menjadi mudhaf ilaih)nya isim fail, maka isim tersebut bisa wajah dua, yakni bisa nashab (mura'atan lil mahal) dan bisa jer (mura'atal lafdhi). sebagai mana contoh: مبتغي جاه ومال من نهض kurang lebih arti

Cintai Aku Karena Alloh

CakA ===== Sebut saja namaku Teidjo, Malam ni ku ingin bercerita tentang perasaanku kepada pembaca yang budiman tentang perasaan ini. Sob, malam ini yang kurassakan adalah sedih, kesepian dan benci pada dir sendiri. Kenapa demikian ? Hal ini terjadi akibat  ulahku sendiri yang tanpa berfikir panjang senantiasa menuruti hawa nafsu yang terbungkus rapi dalam balutan yang disebut cinta. Awalnya, dia yang hingga saat ini masih ku sayangi dan kurindukan sebagai kekasih, ku harapkan sebagai calon isteri, dan satu-satunya/gadis yang pertama  menjadi pacarku, mutusin aku. Ku maklumi keputusannya. Karena sebagai manusia biasa pun aku menyadari bahwa kata-kataku yang kuutarakan padanya akhir-akhir ini membuatnya merasa bersalah. Sebagai wanita baik-baik, yang gigih menjaga harga diri dan menjaga kehormatannya sebagai muslimah, ku rayu, ku bujuk dengan pernyataan-pernyataan cinta yang logis dengan sedikit menggombal hingga akhirnya dia luluh dan menerima cintaku dengan pernyatanny

MEMULYAKAN HARI KELAHIRAN NABI*

Bulan Robiul Awwal adalah bulan yang istimewa bagi ummat Islam. Karena di bulan itu seorang Rasul pembawa Risalah Islamiyyah yang menghantarkan ummat dari gelapnya jahiliyyah menuju peradaban Islam yang terang, Nabi Agung Muhammad SAW dilahirkan di dunia ini pada hari Senin tanggal 12 yang terkenal dengan tahun gajah. Banyak yang berselisih pendapat tentang pengagungannya dengan berbagai peringatan yang penulis sendiri ikuti bersemangat dalam hal ini. Pasalnya, di dalam al-Qur’an memang tidak secara jelas disebutkan perintah ataupun larangan untuk memperingati kelahiran beliau yang mulia ini. Namun secara tidak langsung al-Qur’an memerintahkan kita untuk melakukan hal itu , sebagaimana tertuang dalam Q.S. Yunus: 58: قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ Katakanlah: "Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang merek